©2020 by wallpaper kamar tidur minimalis. Proudly created with Wix.com

Search
  • w4lp4p3rku

Yuk Ambil Peran Mengurangi Jumlah Sampah dengan Menjadikannya Sebuah Kerajinan!

Di setiap rumah pasti memiliki sejumlah barang bekas yang sudah tidak pernah tersentuh. Bahkan karena tidak pernah tersentuh, pada akhirnya barang bekas tersebut dibuang begitu saja. Padahal jika dipikir kembali, ternyata barang bekas masih bermanfaat. Pernah melihat kerajinan barang bekas? Dari pada membuang barang-barang yang tidak terpakai, akan lebih baik jika kalian mengubah barang bekas menjadi sebuah kerajinan yang lebih bermanfaat. Tidak perlu membuat kerajinan tangan yang rumit, pasalnya kerajinan tangan yang sederhana pun tetap menarik jika dibuat dengan ketelitian.


3 Inspirasi Kerajinan Tangan yang Memanfaatkan Barang-barang Bekas

Saat ini Indonesia memang sedang mengalami darurat sampah. Untuk itu ketika kalian memiliki barang-barang bekas, cobalah untuk mengumpulkan barang-barang tersebut dan di daur ulang. Bahkan jika hasil daur ulang barang bekas dari kardus memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari, kalian pun dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Jika tidak memiliki inspirasi terkait kerajinan barang bekas, maka berikut kami berikan beberapa contoh kerajinan yang dapat kalian buat.

Untuk kerajinan barang bekas yang pertama yaitu, lampu gantung yang terbuat dari kardus-kardus bekas. Membuat lampu gantung dari kardus tidak serumit yang kalian bayangkan. Untuk membuatnya, kalian memerlukan waktu luang. Pasalnya ada beberapa macam bahan dan juga alat yang dibutuhkan. Contohnya seperti kardus yang sudah tak terpakai, kemudian lampu, lem tembak, penggaris, pensil, kabel dan cat semprot. Bagi yang merasa bingung terkait model lampu gantung yang harus dibuat, kalian dapat melihat beberapa model lampu gantung dari kardus di internet.


Kerajinan barang bekas yang kedua yaitu, membuat tempat tissue yang terbuat dari kaleng bekas. Jika kalian sering membeli susu kalengan, kemudian ketika susunya sudah habis maka jangan langsung dibuang. Pasalnya kaleng tersebut ternyata dapat dimanfaatkan menjadi barang yang lebih berguna. Jika di rumah belum memiliki kaleng untuk tempat tissue, maka kali ini kalian dapat memanfaatkan kaleng bekas susu. Sebelum membuat kerajinan tersebut, kalian harus menyiapkan beberapa bahan dan peralatan lebih dahulu.


Bahan dan peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, karena kalian hanya membutuhkan kaleng bekas susu dan masih lengkap bersama tutupnya, kemudian pilox, cutter, koran bekas dan spidol hitam. Jika semuanya sudah disiapkan maka sekarang kalian dapat langsung membuatnya. Jangan bingung terkait cara pembuatannya, karena saat ini ada banyak website dan channel Youtube yang mengupload terkait langkah-langkah pembuatan kotak tissue dari kaleng susu.

Untuk contoh kerajinan yang berikutnya yaitu, tempat pensil yang terbuat dari sedotan bekas. Berbagai warung makan ataupun café pasti akan membuang sedotan bekas begitu saja ke tong sampah. Padahal sedotan terbuat dari plastik dan saat ini Indonesia sedang darurat sampah plastik. Sehingga sebagai warga Indonesia yang peduli terhadap lingkungan harus berusaha untuk mengurangi jumlah sampah plastik karena plastik merupakan bahan yang cukup sulit untuk diuraikan. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi sebuah kerajinan yang bernilai ekonomis.


Bagi yang sedang membaca artikel ini dan kebetulan terdapat banyak sedotan bekas di rumah, cobalah ambil dan sulap sedotan tersebut menjadi tempat pensil. Selain sedotan, ada beberapa bahan lain yang diperlukan juga seperti lem perekat, pita, kardus bekas dan kertas berwarna. Untuk lebih mudahnya, kalian dapat menonton tutorial pembuatan kerajinan barang bekas dari sedotan menjadi tempat pensil di channel Youtube ataupun website.

6 views
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now